Penanggulangan Radang Tenggorokan Pada Anak

Penanggulangan Radang Tenggorokan Pada Anak,- Salah satu penyakit yang mewabah di musim hujan adalah radang atau infeksi tenggorokan pada anak. Lihat saja antrean klinik rumah sakit, banyak diantara mereka termasuk anak-anak yang terkena radang atau infeksi tenggorokan pada anak.
http://www.obatradangtenggorokananak.com/

Pencegahan Radang Tenggorokan Pada Anak

Upaya pencegahan radang tenggorokan yang dapat dilakukan sebenarnya merupakan kiat menjaga kesehatan secara umum. Yang utama yang dapat dilakukan adalah menjaga asupan nutrisi anak yang optimal (sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat), memelihara higiene dan sanitasi yang baik, menghindar dari sumber penularan (jauhkan andak dari penderita atau bila perlu si penderita harus menggunakan masker bila berdekatan dengan anak), serta memastikan pemberian imunisasi anak yang lengkap.

Penanganan Radang Tenggorokan Pada Anak

Radang atau infeksi tenggorokan pada anak biasanya akan sembuh sendiri, terlebih jika asupan nutrisi dan cairan akan tercukupi. Masalahnya, di saat sakit, anak malas makan dan minum sehingga muncul risiko kekurangan cairan (dehidrasi). Ditambah lagi, tubuh anak yang sedang demam membutuhkan lebih banyak cairan. Kondisi dehidrasi akan membuat lendir yang terdapat di saluran nafas bertambah pekat/kental dan mengakibatkan batuk yang dialami anak menjadi lebih hebat. Karena itu, tambahan asupan cairan amat dianjurkan disaat anak mengalami radang tenggorokan. Asupan nutrisi yang optimal juga dapat mempersingkat masa sakit anak.

Minuman terlalu dingin dapat memperberat gejala radang tenggorokan pada beberapa kasus. Gorengan asalkan tidak terlalu berminyak boleh-boleh saja dikonsumsi. Karena disebabkan virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi bagi anak yang terkena radang tenggorokan umumnya dilakukan secara suportif (mengurangi gejala-gejala yang ada) seperti penurun panas, pelega saluran napas, pengencer dahak, serta asupan cairan dan nutrisi yang optimal. Pemberian antibiotik akan dievaluasi lebih lanjut karena umumnya infeksi tenggorokan disebabkan virus. Sedangkan antibiotik diberikan bila penyebab penyakit radang tenggorokan adalah bakteri.