Radang Tenggorokan, Rasa Gatal Dan Sakit Di Tenggorokan

Radang Tenggorokan, Rasa Gatal Dan Sakit Di Tenggorokan,- Pasti semua orang pernah mengalami jenis, radang tenggorokan. Ya, ketika tenggorokan Anda meradang, tenggorokan Anda akan terasa gatal dan sakit. Namun, banyak orang yang menganggap penyakit ini sebagai hal yang biasa dan mungkin meremehkannya bagitu saja. Ternyata, jika dibiarkan begitu saja, penyakit sederhana ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

Seperti dilansir MayoClinic dan WebMD, Jumat (26/7/2013), radang tenggorokan adalah suatu kondisi ketika tenggorokan terinfeksi bakteri. Kondisi ini menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, meradang, gatal dan terasa sakit.
http://www.obatradangtenggorokananak.com/
Penyakit tersebut bisa dialami siapa saja, namun radang tenggorokan paling sering dialami oleh orang yang berusia 5 tahun hingga 15 tahun. Selain itu, radang tenggorokan akan merebak di akhir musim gugur dan awal musim semi.

Mungkin, jenis gangguan tenggorokan ini menjadi penyakit yang sudah biasa Anda alami, namun jenis penyakit ini harus cepat diobati. Jika tidak, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi, seperti radang ginjal dan demam rematik.

Gejala Radang Tenggorokan

Tanda-tanda yang umumnya muncul ketika Anda mengalami radang tenggorokan, antara lain:
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak dan berwarna merah. Terkadang ada bercak putih dan lapisan nanah pada amandel
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri atau bengkak pada sendi
  • Perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah
Namun, gejala-gejala di atas mungkin Anda alami sebagai pertanda dari penyakit lain. Oleh karena itu, untuk memastikan penyakit apa yang Anda alami, segera periksa ke dokter. Terkadang, penyakit radang tenggorokan dianggap sepele. Namun, jika tak segera diobati, penyakit ini dapat berkembang menjadi lebih parah.

Penyebab Radang Tenggorokan

Bakteri Streptococcus Pyogenes yang dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A, merupakan penyebab umum dari penyakit radang tenggorokan. Jenis bakteri ini sangat menular dan dapat menyebar melalui udara ketika Anda batuk dan bersin. Selain itu, bakteri ini juga dapat menyebar melalui makanan, minuman, atau barang-barang yang sudah terinfeksi oleh jenis bakteri ini.

Bakteri penyebab radang tenggorokan dapat menyebar dan menyebabkan infeksi pada bagian tubuh lain, seperti ke telinga bagian tengah. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami penyakit demam berdarah, radang ginjal (glomerulonefritis poststreptococcal), dan demam rematik yang dapat mempengaruhi organ jantung, sendi, sistem saraf, dan kulit.

Tips Untuk Membantu Proses Penyembuhan Radang Tenggorokan
  • Banyak istirahat: Tidur membantu tubuh Anda melawan infeksi. Jika Anda sedang mengalami radang tenggorokan, cobalah untuk beristirahat di rumah dan meninggalkan rutinitas Anda sejenak.
  • Minum banyak air putih: Lembabkan tenggorokan Anda dengan air putih. Selain itu, air putih juga dapat mencegah dehidrasi.
  • Konsumsi makanan dan minuman hangat: Hindari makanan pedas dan minuman asam. Coba untuk mengkonsumsi makanan dan minuman hangat, seperti sup dan teh hangat. Mungkin rasa gatal dan sakit pada tenggorokan Anda dapat berkurang.
  • Berkumur dengan air garam: Hal ini dapat dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Berkumur dengan air garam dapat meredakan sakit tenggorokan. Campurkan 1,2 mililiter (1/4 sendok teh) garam dapur dan 237 mililiter (8 ons) air hangat. Kumur dan kemudian muntahkan kembali. Jangan ditelan.
  • Jaga kelembaban udara: Anda dapat menghirup uap dari air panas ataupun menggunakan semprotan hidung saline. Keduanya dapat membantu Anda untuk menjaga selaput lendir tetap lembab. Sehingga, tenggorokan Anda tidak terasa kering dan tidak gatal.
  • Hindari hal-hal yang dapat mengiritasi tenggorokan: Asap menjadi salah satu hal yang dapat memperparah sakit pada tenggorokan, meningkatkan infeksi tenggorokan, seperti tonsilitis, dan menganggu fungsi paru-paru.
Selain itu, agar penyakit Anda tidak menular ke orang lain, Anda harus selalu menutup mulut ketika batuk atau bersin. Tak hanya itu saja, Anda juga harus menghentikan kebiasaan berbagi barang pribadi yang mungkin dapat terkena infeksi dari pengidapnya.
Selain memberikan informasi lengkap dan tips untuk penyakit radang tenggorokan kami juga akan menginformasikan kepada Anda, bahwa kini telah ada Obat Radang Tenggorokan yang paling tepat dan efektif untuk mengobati radang tenggorokan. Ingin tahu lebih jelas ? Klik Obat Radang Tenggorokan Anak dan Dewasa