Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Obat Alami

Cara menyembuhkan radang tenggorokan terbaik adalah dengan cara tradisional, mengapa demikian ? Sebab obat alami tradisional herbal sangat aman baik untuk anak maupun dewasa, obat alami radang tenggorokan pada anak juga bisa memanfaatkan buah-buahan seperti jus belimbing misalnya.

Fakta yang terjadi di masyarakat penyakit ini barangkali banyak yang menganggap sebagai penyakit yang sepele saja, namun pada kenyataannya ketika mengalami radang tenggorokan lantas dibiarkan begitu saja maka bisa berdampak pada si penderitanya.

Perlu diketahui bahwa radang tenggorokan merupakan suatu kondisi dimana dalam tenggorokan terinfeksi bakteri, dengan demikian menyebabkan didalamnya mengalami iritasi, peradangan, batuk, gatal-gatal, suara serak serta rasa sakit saat sedang menelan.

Apa Penyebab Radang Tenggorokan ?

Bakteri Streptococcus Pyogenes dikenal sebagai kelompok streptokokus A, merupakan salah satu penyebab umum penyakit radang tenggorokan ini. Perlu juga diwaspadai bahwa jenis bakteri ini sangat mudah untuk menular serta dapat menyebar melalui udara saat dimana Anda sedang batuk dan bersin.

Bakteri ini juga bisa menyebar melalui makanan, minuman, juga barang-barang yang telah terinfeksi oleh bakteri ini sebelumnya.

Lantas Apa Gejala Dari Radang Tenggrokan ?

Gejala umum yang timbul ketika seseorang sedang mengalami radang tenggorokan diantaranya :
  • Rasa sakit pada tenggorokan
  • Terjadinya amandel membengkak berwarna merah. Terkadang juga adanya bercak putih serta lapisan nanah pada amandel.
  • Adanya bintik-bintik merah kecil pada bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Terjadinya kelenjar getah bening terhadap leher membengkak
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri atau bengkak pada sendi
  • Kondisi perut sakit terkadang di sertai juga dengan muntah.
Lalu Bagaimana Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Itu ?

http://www.obatradangtenggorokananak.com/
Ada cara bagus yang alami untuk mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan berikut untuk mengobatinya :

1. Teh Jahe

Anda dapat menambahkan 1 inci potong jahe yang telah di memarkan sebelumnya lalu rebus selama 2 sampai menit. Selanjutnya, campurkan dengan teh yang sudah Anda buat sebelumnya.

2. Teh chamomile

Teh chamomile hangat dapat juga untuk mengurangi sakit tenggorokan sebab dapat untuk mengatasi peradangan. Seduhlah 2 kantung teh chamomile menggunakan secangkir air mendidih. Apabila ingin mendapat rasa manis, tambahkan dengan madu.

3. Kumurlah menggunakan campuran kunyit, air, dan garam

Ini merupakan obat rumahan yang begitu efektif guna menghilangkan rasa sakit pada bagian tenggorokan. Campurkan juga 1 sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat selanjutnya gunakan untuk berkumur beberapa kali dalam sehari.

4. Daun Kemangi

Rebuslah daun kemangi lalu minum air rebusannya. Atau cukup saja berkumur menggunakan air rebusan kemangi hal ini akan segera membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

5. Madu dan lemon

Minum secangkir air hangat yang telah dicampur dengan 1 sdm lemon dan 1 sdm madu. Campuran ini di kenal sebagai obat yang tok cer untuk untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bila tidak ada lemon, 1 sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan sebab madu merupakan antibiotik yang alami. Namun sebaiknya madu jangan di berikan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun.

6. Menghirup uap panas

Obat kuno guna mengatasi sakit tenggorokan yaitu dengan menghirup uap. Caranya taruhlah air panas dalam sebuah panci lalu posisi Anda hadapkan pada uap tersebut. Pakailah handuk pada kepala guna mencegah uap tidak menyebar. Hiruplah uap dari panci tidak hanya lewat hidung saja tapi sesekali juga melalui mulut.

7. Konsumsi Sup

Ketika sakit tenggoroka, biasanya akan sulit makan juga menelan. Oleh sebab itu, coba konsumsi sup misalnya saja sup ayam hangat dengan rasa sedikit agak asam. tidak hanya meringankan rasa sakit akan tapi juga Anda mendapat nutrisi guna melawan peradangan.

8. Minum jus lemon tanpa gula

Campurkan dua sendok makan jus lemon ( dari perasan 1/2 lemon ) ke dalam 1 gelas air hangat. Ingat, jangan tambahkan gula. Minum 2-3 kali sehari dalam kondisi perut kosong ( sekitar 30-60 menit sebelum makan ).

9. Makan bawang putih

Keberadaan Bawang putih mengandung senyawa allicin merupakan agen pembunuh bakteri. Untuk itu sebaiknya cobalah mengunyah antibiotik alami ini supaya dapat mengeluarkan senyawa allicin untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan.

10. Jus buah belimbing

Buah belimbing ternyata mempunyai khasiat anti-radang yang dapat digunakan mengobati radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, ambil 100 gram buah belimbing manis, di buat jus dan diminum.

Ada beberapa hal yang perlu Anda jalankan ketika terserang radang tenggorokan Yakni lakukan istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih supaya kelembaban akan tetap terjaga serta hindari rokok. Demikian beberapa hal yang perlu di perhatikan manakala anda tengah menderita radang tenggorokan.